MENGENAL HERBAL PEGAGAN DAN MANFAATNYA

Tanaman herbal pegagan

Mengenal tanaman herbal pegagan


Oemahherba.blogspot.com Daun pegagan atau dalam bahasa ilmiah sering di sebut centella asiatica adalah tanaman yang tumbuh kiar di pekarangan rumah atau di tepian air yang lembab,pegagan sudah dikenal oleh nenek moyang kita sebagai tanaman obat dan sebagai pelengkap menu makan sehari hari yang sebagian orang menggunakannya sebagai lalapan , Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar diAsia Tenggara , termasukIndonesia ,India , cina ,Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.

Walaupun tanaman pegagan ini tumbuh liar di pekarangan rumah namun jangan dianggap remeh ,karena khasiat dan manfaat daun pegagan ini sangat luar biasa oleh karena itu para leluhur kita sering menggunakan pegagan untuk mengobati  penyakit kulit, gangguan saraf, serta melancarkan peredaran darah. Bahkan di negara diraja Malaysia, daun pegagan sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan misalnya krim anti kerutan, krim selulit, serta krim pengencang kulit wajah.
Selain khasiat diatas tanaman pegagan juga berfungsi sebagai penenang alami ,karena herbal pegagan ini mengandung senyawa yang benama triterpenoid ,senyawa inilah yang menpunyai efek menenangkan selain penenang senyawa triterpenoid juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah ke otak .

Baca juga : EKSTRAK TANAMAN HERBAL PEGAGAN

Senyawa kimia yang ada pada daun pegagan 

Karena pegagan mempunyai banyak khasiat tentu semua khasiat yang ada tidak lepas dari kandungan senyawa kimia yang ada pada daun pegagan ,lalu senyawa kimia apa saja yang terdapat di dalamnya ?..
Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine , tanin serta garammineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Daun pegagan

Sifat dan manfaat daun pegagan

Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan(haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Sahabat oemah herba sekalian demikian ulasan saya tentang khasiat dan mafaat daun pegagan ,sampai jumpa di artikel berikutnya ,salam sehat

Pengunjung juga mencari :
daun pegagan aman untuk ibu hamil
daun pegagan bahasa jawanya apa
daun pegagan bahasa sundanya apa
daun pegagan cari dimana
daun pegagan dalam bahasa jawa
daun pegagan gambar
daun pegagan manfaatnya
daun pegagan seperti apa
daun pegagan untuk ambeien
daun pegagan untuk jerawat
daun pegagan untuk otak

0 Response to "MENGENAL HERBAL PEGAGAN DAN MANFAATNYA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef