SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT

gambar daun sintrong

Mengenal tumbuhan sintrong

oemahherba.blogspot.com . Mungkin bagi sebagian pembaca nama ini kurang familiar , tapi tidak untuk sebagian masyarakat yang ber etnis sunda karena mereka sering menggunakan daun sintrong ini sebagai sayuran atau lalapan, jika anda mampir ke warung tradisional yang menyajikan makanan khas sunda hampir di pastikan anda akan menemui olahan daun sintrong . sintrong adalah tumbuhan jenis semak yang bisa tumbuh subur di negara-negara tropis termasuk di indonesia, sintrong bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 1 meter dan sintrong biasa tumbuh di tempat-tempat terbuka,seperti di perkebunan,di lahan-lahan yang tidak terawat bahkan di daerah tertentu tumbuhan ini bisa kita temukan di pematang-pematang sawah.

BACA JUGA
BATU GINJAL DAN CIRI-CIRINYA

Di negara indonesia sintrong mempunyai banyak nama  tergantung tempat di daerah mana dia tumbuh nama lain dari sintrong seperti bagini , jambrong , jombloh , mandrung-mandrung , puyung , junggul , tespong di sunda,taplek atau sintrong dijawa selain nama daerah ada juga nama latin yang di gunakan untuk nama internasional tanaman sintrong yaitu Crassocephalum crepidioides , walaupun sintrong tak lebih hanya tumbuhan liar tapi jangan salah karena sebenarnya tumbuhan ini menyimpan berbagai manfaat yang berguna untuk meningkatkan kualitas kesehatan  ,karena sintrong menyimpan berbagai zat yang sangat berguna bagi tubuh .

Kandungan daun sintrong

Bukan hanya mitos atau kepercayaan turun temurun bahwa daun sintrong sangat bermanfaat untuk kesehatan, tapi hal ini memang sudah di teliti oleh para ahli bahwa kandungan-kandungan biokimia yang terdapat dalam daun sintrong mempunyai efek yang menyehatkan tubuh.

kementrian Negara Riset dan Tekhnologi RI tahun 2001 telah menyampaikan hal ini bahwa flavonoid dan polifenol mampu bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir radikal bebas sehingga dapat meminimalkan efek kerusakan pada sel-sel serta jaringan tubuh. Saponin yang terkandung dalamdaun sintrong merupakan glikosida komplek, yaitu senyawa hasil kondensasi suatu gula dengan senyawa hidroksil organik, yang bila dihidrolis akan dapat menghasilkan gula (glikon) serta non gula (aglikon). Saponin tersebut terdiri dalam 2 kelompok, yaitu saponin triterpenoid dan saponin steroid. Sapoin juga sudah banyak digunakan dalam kehidupan manusia, diantaranya terdapat dalam lerak / klerek yang dapat digunakan sebagai bahan pencuci kain terutama kain batik serta sebagai bahan shampo, untuk mendapatkan saponin dari tumbuhan yaitu melalui metoda ekstraksi.

gambar tumbuhan sintrong

Manfaat daun sintrong untuk kesehatan 

Sesuai judul diatas daun sintrong kaya akan manfaat, lalu apa manfaat daun sintrong , menurut kandungannya daun sintrong bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat ,bukan hanya itu daun sintrong juga bisa di konsumsi rutin untuk menjaga kesehatan ,lalu apa saja manfaat daun sintrong bagi kesehatan kita ? Yuk mari kita simak uraian berikut.

* . Sebagai penangkal radikal bebas
Karena daun sintrong mengandung anti oksidan, tumbuhan ini bisa menjadi penangkal radikal bebas ,yang membuat tubuh kita kebal terhadap serangan penyakit.

* . Mengurangi batuk berdahak
Kandungan tonikum pada daunsintrong bisa membantu untuk meringankan batuk berdahak.

* . Mempercapat proses penyembuhan dan pengeringan luka.

* . Mencegah dan mengatasi peradangan atau pembengkakan. 
Kandungan yang bersifat anti-inflamasi pada daun sintrong bisa mencegah ataupun mengatasi pembengkakan dan peradangan

* .  Meringankan gejala sakit kepala
Sakit kepala baik yang di sebabakan pusing maupun penyakit migrain bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun sintrong.

* . Mengatasi gangguan
masalah lambung, seperti sakit maag , rasa mual dan juga nyeri pada perut.

* . Mencegah penyakit eksim dan penyakit lainnya.

* . Obat alami untuk menyembuhkan radang amandel .

* . Menurunkan demam. 
Kandungan antipiretik yang ada pada daun sintrong bisa berfungsi untuk menurunkan demam .
Mungkin masih banyak lagi manfaat-manfaat lain yang belum bisa Saya sebutkan di sini karena keterbatasan pengetahuan.

Cara mengolah daun sintrong

Untuk cara pengolahanya daun sintrong tidak serumit bahan-bahan herbal lain karena cukup anda masak sebagai sayur bening atau di rebus untuk urap bahkan anda bisa mengkonsumsinya mentah-mentah sebagai lalapan, namun perlu di ketahui ketika anda mengkonsumsi olahan daun sintrong tidak bolehberlebihan, karena didalam tumbuhan ini terdapat senyawa alkaloida pirolizidina yang di tengarai bisa menyebabkan kanker, tumor dan kerusakan hati, tapi jangan khawatir selama anda mengkonsumsinya secara wajar tentunya tidak akan menjadi masalah .

Ternyata tanpa kita sadari kita sering mengabaikan keberadaan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, sesuatu yang sekilas tampak tidak berharga siapa sangka dia akan menjadi solusi untuk permasalahan pada kesehatan kita, baik sahabat sekian dulu artikel saya kali ini, sampai jumpa pada artikel-artikel saya Selanjutnya, semoga bermanfaat dan salam sehat.


INGIN MENDAPATKAN MADU ASLI YANG TELAH LOLOS UJI LABORATORIUM DAN BPOM DENGAN HARGA TERJANGKAU ????
<<KLIK DISINI>>
  INSYA ALLAH AMANAH

0 Response to "SINTRONG TUMBUHAN SEMAK KAYA MANFAAT"

Posting Komentar

wdcfawqafwef