MENGENAL MANFAAT DAUN TAPAK LIMAN

Foto daun tapak liman

Mengenal tumbuhan herbal tapak liman


Oemaherba.blogspot.com . Hallo sahabat oemah herba salam sehat untuk anda semua dan pada artikel  kali ini admin akan mengulas tentang khasiat dan manfaat tapak liman ,tumbuhan ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita terna tegak berumur panjang ini dapat ditemukan di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 1.200 mdpl pada prinsipnya tapak liman tumbuh di tempat2  yang kering namun agak lembab .Daun Tapak Liman tumbuh dengan menempel pada tanah,Pada bagian tengah daun akan tumbuh sebuah batang yang nantinya menjadi tangkai untuk bunga tanaman. Tumbuhan ini banyak didapati di negara tropis seperti Indochina, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Sedangkan di indonesia sendiri tumbuhan ini menyebar luas hampir di  seluruh wilayah indonesia , sebutan untuk tanaman inipun beragam seperti Tapak Liman, Bala Guduh, Lelobakan, atau juga Cancang-Cancang , tentunya nama sesuai di daerah dimana dia tumbuh .
Walaupun semua orang mengetahui tumbuhan   tapak liman ini akan  tetapi tidak banyak yang tahu bahwa tapak liman mempunyai khasiat obat ,yang bisa mengurangi bahkan menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang rahim,keputihan,radang tenggorok ,radang amandel, dll .karena ketidak tahuan mereka tak heran tumbuhan ini sering di anggap sebagai tumbuhan pengganggu yang harus musnahkan .



Ciri-ciri daun tapak liman


Agar tidak salah mengenali tapak liman berikut saya ulas ciri-ciri yang ada pada tumbuhan ini .

Tapakm liman empunyai batang pendek dan kaku, tinggi 30-60 cm dan berambut kasar. daun tunggal berkumpul pada permukaan tanah membentuk roset atau bersusun. Daun berbenntuk bulat memanjang, tepi melekuk dan bergerigi tumpul, ujung tumpul,permukaan berambut kasar, tulang menyirip, warnanya hijau tua, panjang 10-18 cm lebar 3-5 cm. Tangkai bunga keluar dari tengah-tengah roset dengan tinggi 60-75 cm.
Batang tangkai kaku dan liat, berambut panjang dan rapat, bercabang dan beralur. Daun pada tangkai bunga kecil, letaknya jarang, panjang 3-9 cm, lebar 1-3 cm. Bungan majemuk berbentuk bongkol, letaknya di ujung batang, berwarna ungu, mekar pada siang hari sekitar pukul satu siang dan menutupkembali pada sore hari . Buah berupa buah bongkah yang keras, berambut, berwarna hitam. Akarnya tunggang besar berwarna putih cukup jelas bukan ,untuk gambaran keseluruhan tapak liman anda bisa melihat gambar diatas .

Kandungan zat aktif pada tapak liman.

Setiap tanaman obat pasti mempunyai senyawa aktif begitu juga tapak liman ,dia juga mempunyai beberapa zat aktif yang sangat berguna bagi tubuh kita .berikut beberapa senyawakimia aktif ,antara lain berupa epifrielinol, lupeol, stiqmasterol, triancontan-I-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin dan isodeozyelephantopin. Pada bagian bunganya terdapat kandungan luteolin-7-glucoside.
Foto manfaat tapak liman


Manfaat dan cara mengolah tapak liman

Tapak liman untuk mengatasi radang rahim dan keputihan

Siapkan tapak liman kering 15 - 30 gram / kira-kira 3 batang tanaman + akar
Lalu rebus dengan 3 gelas air, sampai tersisa kira 2 gelas .
Dinginkan dan minum 2 kali satu gelas

Tapak liman untuk mengatasi demam, radang amandel, radang tenggorok 

Siapkan tanaman kering 15-30 gram, direbus, dan airnya diminum.

Tapak liman untuk meningkatkan gairah pria : 

Siapkan 3 batang tanaman kering bersama akarnya .
Lalu rebus dengan 3 gelas air. hingga air tersisa 2 gelas.
Dinginkan dan miminum sehari2 kali .

Demikian ulasan saya tentang manfaat dan khasiat tapak liman mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat oemah herba sampai jumpa di artikel selanjutnya dan salam sehat .





0 Response to "MENGENAL MANFAAT DAUN TAPAK LIMAN"

Posting Komentar

wdcfawqafwef