KHASIAT DAN MANFAAAT DAUN DEWA UNTUK DIABETES

daun dewa

Khasiat dan manfaat daun dewa untuk diabetes

Tanaman Daun dewa atau juga yang sering di sebut beluntas cina adalah tanaman yang mempunyai multi khasiat dan tanaman ini sudah turun temurun di gunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Daun dewa dalam bahasa ilmiah juga di sebut (Gynura divaricata) Daun Dewa memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan. Daun dewa juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.
Untuk sebagian masyarakat kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman daun dewa ini ,terbukti daun dewa dapat dengan mudah di jumpai di halaman atau d teras rumah karena ditanam sebagai tanaman hias ataupun sebagai toga (tanaman obat keluarga) .
Tidak jauh berbeda dengan tanaman obat lain daun dewa juga memiliki kandungan senyawa aktif yang hampir sama dengan daun sambung nyawa, yaitu alkaloid, tanin, saponin, polifenol, minyak asiri, dan flavonoid.

Baca juga : OLAHAN DAUN DEWA UNTUK OBAT KENCING MANIS

Penelitian daun dewa untuk pengobatan diabetes

Daun dewa juga sangat efektif untuk menyembuhka penyakit diabetes para ahli juga telah melakukan  penelitian tentang hal ini seperti penelitian yang dilakukan Pada tahun 1991, Nurul Hidayah Hadiyati dari Farmasi, FMIPA UI melakukan studi pemberian sari air daun dewa. Hasilnya diketahui bahwa daun dewa dapat menurunkan kadar glukosa darah 1 jam setelah mendapatkan glukosa.

Studi selanjutnya pada tahun 1993 yang dilakukan oleh Muhammad Muslich, seorang farmakolog dari Fakultas Farmasi, UNTAG melakukan kajian pemberian infus daun dewa 10% secara oral dengan dosis 1 gram per kg BB pada kelinci yang diberikan gula. Hasil studinya menunjukkan bahwa daun dewa dapat menurunkan kadar glukosa darah sebesar 71,06% dibandingkan dengan penggunaan obat diabetes.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Vania, dkk. tahun 2006 yang menguji pengaruh infus daun dewa (Gynura segetum (Lour.) Merr terhadap kadar glukosa darah hewan coba, diketahui bahwa daun dewa memiliki efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Hal ini dimungkinkan karena adanya proses pengambilan glukosa dari darah ke dalam sel.

Cara memanfaatkan daun dewa untuk obat diabetes

Berikut ini tips memanfaatkan daun dewa sebagai obat diabetes .

Bahan
*.5 lembar daun dewa segar, cuci bersih
*.100 ml air hangat
Cara Membuat
1.Seduh daun dewa segar dengan air hangat.
2.Saring dan minum sekali sehari.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca juga : PENGGABUNGAN BEBERAPA HERBA DENGAN DAUN DEWA

0 Response to "KHASIAT DAN MANFAAAT DAUN DEWA UNTUK DIABETES"

Posting Komentar

wdcfawqafwef