MANFAAT TANAMAN KEMBANG JARONG ATAU PECUT KUDA

Gambar tanaman pecut kuda

Mengenal tanaman pecut kuda

Oemahherba.blogspot.com . Kembang jarong atau pecut kuda adalah tanaman semak yang biasa tumbuh di pekarangan yang tidak terawat dalam bahasa ilmiah tanaman ini di sebut dengan nama Stachytarpheta jamaicensis, awalnya saya juga kurang yakin bahwa tanaman pecut kuda adalah termasuk tanaman berkhasiat obat karena saya sudah cukup familiar dengan tanaman ini akan tetapi baru kali ini saya tahu bahwa tanaman pecut kuda adalahtermasuk tanaman herbal yang berkhasiat mengobati berbagai macam prnyakit ,ini berawal ketika saya membeli bibit tanaman obat beberapa hari yang lalu , ketika saya mendapati tanaman pecut kuda di jual saya langsung browsing di internet untuk mendapatkan informasi terkait tanaman pecut kuda ,dan ternyata benar dari bebrapa situs yang saya kunjungi menerangkan bahwa senyawa bio kimia yang terdapat pada tanaman pecut kuda dapat mengobati berbagai penyakit , hal ini juga menyadarkan saya bahwa sesuatu yang biasa kita anggap tidak berguna ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa , dan ini juga menunjukkan bahwa di negara indonesia tercinta ini teramat sangat kaya akan tanaman yang berkhasiat obat .

Baca juga :
KOLESTEROL TINGGI DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA

Kandungan kimia tanaman pecut kuda .

Layanya tanaman berkhasiat obat pasti ada senyawa aktif yang terkandung di dalamnya ,begitu juga dengan tanaman pecut kuda mempunyai senyawa aktif berupa glikosida, alkaloid, dan flavonoida. Adanya zat kimiadalam bunga jarong membuatnya memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit.

Cara mengolah  tanaman pecut kuda

Tidak hanya daun tanaman pecut kuda akan tetapi bunga pecut kuda yang indah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat dan berikut ini beberapa cara mengolah daun maupun bunga pecut kuda agar bisa di manfaatkan sebagai obat .

Mengobai hepatitis A

-Siapkan 7 tangkai bunga pecutkuda lalu cuci bersih di air yang mengalir
-lalu rebus bunga pecut kuda dengan air sebanyak 750ml biarkan mendidih hingga air tersisa kira-kira 500ml dan minum 2kali sehari secara rutin .

Mengobati rheumatik atau radang sendi

- ambil 55gr daun pecut kuda ,lalu cuci bersih di air yang mengalir
- lalu lalu iris atau rajang daun tersebut ,
- lalu rebus dengan 750ml air tunggu hingga mendidih danbiarkan hingga tersisa 250ml saja 
- lalu minum, jadikan 2x minum akan lebih baik jika di campur 1sendok makan madu .
Nah sahabat oemah herba itulah beberapa cara mengolah tanaman pecut kuda untuk di jadikan obat beberapa penyakit .

Sekian dulu artikel dari saya sampai jumpa lagi di artikel-artikel saya berikutnya semoga bermanfaat dan salam sehat .

Artikel lainnya .
DAUN TEMPUYUNG PENGGEMPUR BATU GINJAL

0 Response to "MANFAAT TANAMAN KEMBANG JARONG ATAU PECUT KUDA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef