MENGENAL BANGLE DAN MANFAATNYA

Gambar tanaman bangle

Mengenal bangle dan manfaatnya

Oemahherba.blogspot.com . bangle adalah tanaman jenis temu-temuan yang biasa di tanam di pekarangan rumah ,mungkin bagi anda yang tinggal di pedesaan tidak asing dengan tanaman ini ,karena dari jaman nenek moyang bangle sudah di gunakan sebagai bumbu dapur dan juga dimanfaatkan sebagai obat untuk keluhan penyakit ringan seperti demam dan masuk angin ,tak heran kalau bangle mudah di temui di hampir setiap rumah di pedesaan karena jenis tanaman ini mudah hidup di tempat terbuka yang Mempunyai pasokan sinar matahari cukup.
Bangle berasal dari kawasan India selatan yang beriklim tropis dan kawasan Asia Tenggara seperti : vietnam, thailand, malaysia, indonesia, myanmar, laos dan kamboja. Di indonesia sendiri bangle dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup menggiurkan ,hal di sebabkan bermunculannya industri-industri kecil yang memproduksi obat-obatan herbal termasuk bangle ,saat ini ekstrak bangle yang beebentuk kapsul maupun bubuk mudah sekali kita dapatkan di pasaran .

Zat kimia yang terdapat di dalam tanaman bangle

Seperti tanaman berkhasiat obat lainnya pasti tidak lepas dari kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya seperti yang  dijelaskan oleh Hieronymus Budi Santoso, penulis buku pertanian dan tenologi tepat guna dari Yogyakarta, rimpang bangle mengandung zat-zat kimia berupa sineol, pinen dan seskuitterpen seskuitterpen. Rimpang tanaman ini juga mengandung mineral, albuminoid, lemak, getah yang pahit, dan asam-asam organik.
Efek farmakologis rimpang ini adalah penurun panas (antipiretik) , peluruh kentut (karminatif) , peluruh dahak (expectorani) , pembersih darah, pencahar (laksan), dan obat cacing (vermifuge). Khasiat rimpang bangle menurut Hieronymus, untuk obat asma dan rematik.

Gambar rimpang bangle

Khasiat tanaman bangle dan cara meramunya

Tanaman bangle secara tradisional di percaya mempunyai beberapa manfaat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit ringan maupun berat dan berikut beberapa kasus penyakit yang bisa diatasi dengan bangle sekaligus cara pengolahannya

Bangle untuk mengatasi Demam, masuk angin.

Siapkan 15 g rimpang bangle yang segar cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Diaduk merata lalu diperas dan disaring, lalu minumlah ramuan ini. Lakukan 2 kali sehari.

Tanaman Bangle Untuk mengatasi Rematik

Siapkan rimpang segar secukupnya cuci sampai bersih lalu diparut, tambahkan arak lalu aduk sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Borehkan kebagian sendi yang sakit

Bangle untuk mengatasi sakit kuning

Siapkan 1/2 jari rimpang bangle cuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring, minum. Lakukan 2 kali sehari.

Baik sahabat oemah herba selamat mencoba tips-tips pemanfaatan tanaman bangle diatas ,sekian dulu artikel saya sampai jumpa di artikel berikutnya... salam sehat


0 Response to "MENGENAL BANGLE DAN MANFAATNYA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef