KHASIAT DAN MANFAAT TUMBUHAN PUTRI MALU

Gambar putri malu

Tumbuhan putri malu

oemahherba.blogspot.co.id__ putri malu atau dalam bahasa latin disebut dengan nama Mimosa pudica L  , adalah tumbuhan yang mempunyai keunikan yaitu mengatupkan daunnya ketika di sentuh ,karena keunikanya mungkin di masa kecil anda sering bermain main dengan tumbuhan ini ,namun bukan keunikan dari putri malu yang akan saya ulas dalam artikel ini ,tapi di balik keunikannya tumbuhan putri malu mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan , terkadang kita tidak menyangka tumbuhan yang terlihat sepele mempunyai manfaat yang besar untuk  untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita .

Sekilas tentang tumbuhan putri malu

Sebelum lebih jauh membahas tentang tumbuhan putri malu ada baiknya kita bahas sekilas tentang tumbuhan ini ,tahukah anda bahwa tumbihan putri malu berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, tidak  hanya indonesia saja di negara tempat asalnya pun  putri malu juga dianggap sebagai gulma semata dan putri malu ini termasuk gulma pantropis yang juga yang menyebar di daerah Asia termasuk di indonesia ,Sebagian besar putri malu tumbuh didaerah teduh yang tidak terganggu, di bawah pepohonan atau semak belukar .

Ciri-ciri putri malu

Ciri umum dari tumbuhan putri malu  adalah bentuk batang yang merambat, batangnya ramping, bercabang, dan berduri jarang, tumbuh hingga 1,5 meter. Bentuk daun putri malu kecil-kecil, 10 hingga 26 daun per tangkai (pinna). Kepala bunga berwarna merah muda atau ungu muncul dari tangkai daun pada pertengahan musim panas. Bunga akan semakin banyak seiring bertambahnya usia tanaman.

Manfaat putri malu untuk kesehatan 

Walaupun sebagian besar orang menganggap keberadaan putri malu sebagai gulma yang mengganggu namun jangan salah karena di balik wujudnya yang unik putri malu menyimpan khasiat yang sangat luar biasa ,secara ilmiah  putri malu memliki sifat sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, anti biotik, anti mikrobial, anti-kuman, meredakan nyeri, penenang organ tubuh, ekspektoran dan kontraseptif.
Tanaman putri malu juga banyak dimafaatkan untuk meredakan demam, disentri, mengobati lepra (kusta), wasir, penyakit kuning, asma, mengatasi nyeri organ kewanitaan dan rahim, melawan peradangan, mengatasi kelelahan, leucoderma, dan penyakit yang berkaitan dengan darah.dan di bawah ini saya akan memaparkan berbagai manfaat putri malu untuk menanggulangi beberapa keluhan penyakit .

Cara mengolah putri malu 

Daun batang putri malu

Putri malu untuk mengatasi hepatitis dan bronchitis  

pertama siapkan daun beserta akar putri malu(masing 30gr)
- lalu cuci bersih di air yang mengalir
- lalu rebus bahan tersebut dengan 3 gelas  air  biarkan sampai mendidih sampai tersisa 2gelas
- jika sudah mendidih angkat dan saring
- ramuan ini diminum dua kali sehari dengan porsi 1 gelas perkonsumsi.

Putri malu untuk meredakan nyeri karena rematik

- pertama-tama rendam tumbuhan putri malu ke dalam arak putih.
-Biarkan putri malu direndam selama 2 minggu di dalam arak putih.
- Setelah selesai direndam dalam waktu tersebut, maka ambilah tumbuhan putri malu yg telah di rendam, lalu ditempelkan pada bagian sendi tubuh yang terasa nyeri.

putri malu untuk mengatasi insomnia

- pertama siapkan 50 gram daun putri malu
- lalu cuci bersih dengan air yang mengalir
- lalu rebus  dengan segelas air kemudian  diminum.

putri malu untuk mengobati asma

- Ambil daun putri malu yang masih segar sebaganyak 10 gram lalu cuci bersih di air yang mengalir.
- Atau bisa digantikan dengan herba kering daun putri malu.
- lalu Seduh daun putri malu kedalam 100 ml air panas selama kurang lebih 15 menit.
- Minum seduhan teh sebanyak tiga kali sehari, lakukan rutin selama 3 bulan.

Putri malu untuk mengobati hepatitis

- Siapkan putri malu sebanyak 10 gram lalu cuci bersih di air yang mengalir
- Lalu rebus dengan  200 cc air bersih sampai mendidih selama -+15 menit.
- lalu angakat dan dinginkan setelah dingin, air rebusannya di konsumsi secara teratur.

Nah itulah beberapa tips mengolah tumbuhan putri malu agar bisa di manfaatkan sebagai obat , dan tentunya masih banyak lagi cara-cara lain yang belum bisa saya uraikan karena keterbatasan pengetahuan .

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artukelsaya kali ini ,mudah mudahan bermanfaat untuk anda dan orang-orang yang anda cintai ,selamat mencoba ,dan salam sehat .

0 Response to "KHASIAT DAN MANFAAT TUMBUHAN PUTRI MALU"

Posting Komentar

wdcfawqafwef