MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SURUHA

Gambar suruhan

mengenal daun suruhan dan manfaatnya

Oemahherba.blogspot.co.id__ manfaat dan khasiat tumbuhan suruhan belum banyak di ketahui oleh masyarakat kita ,wajar saja jika kebanyakan orang menganggap daun suruhan ini adalah gulma pengganggu yang harus di musnahkan ,karena pada dasarnya tumbuhan suruhan ini bisa tumbuh di sembarang tempat asalakan tanah dalam kondisi lembab dan teduh .
Mungkin bagi anda yang tinggal di perkotaan kurang akrab dengan tumbuhan suruhan,namun bagi yang tinggal di pedesaan pasti tidak asing lagi ,karena suruhan atau yang dalam bahasa latin di sebut Peperomia pellucida L. Kunth  ini bisa di temukan hampir di sembarang tempat ,asalkan tempat itu teduh dan agak lembab hampir bisa di pastikan daun suruhan tumbuh di situ ,karena suruhan merupakan salah satu dari jenis tanaman terna kecil yang tumbuh sepanjang waktu dan banyak tumbuh di daerah - daerah yang lembab dan juga teduh.

Ciri-ciri tumbuhan suruhan

Agar anda lebih mudah mengenali tumbuhan suruhan berikut ini saya juga akan ulas ciri dari tumbuhan suruhan .
perlu anda tahu bahwa suruhan memiliki tinggi 10 sampai dengan 15 cm namun bila di biarkan hidup bebas lama- kelamaan akan memiliki ketinggian hingga 30 cm , memiliki ciri lain bentuk batang lunak dan berair mengkilap .warna daun dan bentuknya hampir mirip dengan daun sirih itu mengapa di bilang suruhan dalam bahasa jawa, dan pada bagian ujung umumnya selalu di tumbuhi dengan bunga seperti halnya daun sirih ,saya kira dari sini cukup jelas gambaran dari tumbuhan suruhan ,untuk wujud fisiknya anda bisa mengamati gambar diatas .

Daun suruhan

Cara mengolah daun suruhan

Agar bisa di manfaatkan sebagai obat suruhan harus diolah dengan baik dan benar , dan berikut ini saya akan memaparkan beberapa cara mengolah daun suruhan untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit .


tanaman suruhan untuk mengatasi sakit ginjal .

- Langkah yang pertama yaitu  ambil tanaman suruhan yang masih segar dengan ketinggian 7 sampai 10 cm
- cuci bersih di air yang mengalir
- lalu rebus dengan air sebayak 3 gelas air bersih sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas saja.
- lalu diamkan dan minum selagi hangat, minum 1 hari dua kali masing-masing satu gelas .

Tanaman suruhan untuk mengobati jerawat


- Ambil lebih kurang dua tanaman suruhan dengan tinggi 7 sampai 10 cm yang masih segar 2 buah,lalu cuci bersih di air yang mengalir.
- lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas biarkan hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas saja.
- biarkan dingin dan minum air rebusan suruhan 2x sehari masing-masing 1gelas .

Tanaman suruhan untuk mengobati asam urat

- Siapkan suruhan sebanyak 5-7batang Cuci bersih di air yang mengalir .
- Setelah bersih, rebus menggunakan 3 gelas air,tunggu sampai air rebusan mendidih dan tersisa satu gelas,
- Saring air rebusan setelah mendidih,konsumsi rebusan tanaman suruhan dalam keadaan dingin.

Nah sahabat itulah beberapa tips mengolah daun suruhan agar menjadi obat , dengan cara pengolahan yang sederhana tentunya anda akan mendapatkan khasiat yang luar biasa .

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel saya kali ini ,sampai jumpa di artikel-artikel saya selanjutnya ,selamat mencoba ,semoga bermanfaat dan salam sehat .

0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SURUHA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef