MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK

Bawang dayak gambar

mengenal tanaman bawang dayak

Oemahherba.blogspot.co.id-- bawang dayak atau dalam bahasa ilmiah di sebut Eleutherine Americana Merr  adalah salah satu tanaman khas indonesia yang akhir akhir ini begitu populer di kalangan pemerhati maupun praktisi pengobatan herbal, tidak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan bawang dayak dipasaran baik itu dijual berupa umbi segar  maupun yang sudah di kemas menjadi kapsul bawang dayak untuk harga bawang dayak biasanya si patok dengan harga 80-100 rb /kg.

tanaman bawang dayak ini banyak di temukan di hutan kalimantan sekialas bentuknya memang hampir mirip dengan bawang merah biasa, yang membedakan adalah umbi bawang dayak memiliki warna merah yang lebih terang menyala dan permukaan yang lebih licin. Bagian tumbuhan bawang dayak yang dimafaatkan untuk obat adalah umbinya, sama seperti bawang lain.  orang kalimantan suku dayak biasa menyebutnya bawang hutan atau bawang kambe  tanaman ini tumbuh liar di dalam hutan, suku dayak sudah turun temurun menggunakan tanaman ini sebagai obat untuk mengahalau berbagai penyakit ,selain di kalimantan bawang dayak juga di temukan di daerah lain di indonesia yaitu di daerah NTT dan di kenal dengan nama bawang berlian .


Nama daerah bawang dayak

Selain di kenal dengan nama bawang dayak tanaman ini juga mempunyai nama lokal dan penyebutan tanaman ini tentunya berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya dan untuk sebutan sesuai dengan daerah tempat dimana dia tumbuh nama lain bawang dayak adalah bawang lubak, bawang siyem, bawang kambe, teki sabrang, luluwa sapi, bawang tiwai, kari angau, bawang arab, bawang mekah, bawang kapal, bawang sayup dan bawang merah hutan itulah deretan nama daerah dari bawang dayak, hal ini juga menunjukan bahwa indonesia sangat Kaya bukan hanya sumber daya alam namun ragam suku, budaya, dan bahasa.


Kandungan bawang dayak

Herbal bawang dayak memang sudah tidak di ragukan lagi manfaat dan khasiatnya karena sudah banyak sekali yang membuktikan khasiatnya,  tentunya hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif  yang terkandung di Dalamnya, lalu Apa saja zat-zat yang terkandung di dalam bawang dayak ?...berikut ini kandunganya :
alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, kuinon, steroid, zat tanin dan minyak atsiri. Bagian daun dan akar mengandung flavonoida dan polifenol. Selain itu bawang dayak juga mengandung senyawa aktif meliputi naphtoquinonens dan turunannya, seperti elecanacine, eleutherine, eleutherol, eleuthernone .

Penelitian tentang bawang dayak 

Rupanya popularitas bawang dayak juga mengundang perhatian para ilmuwan untuk melakukan uji coba secara ilmiah, penelitian yang di lakukan oleh bebrapa peneliti dari universitas ternama ini menghasilkan efek terapiutik yang positif  terhadap beberapa penyakit untuk lebih jelasnya silahkan simak keterangam hasil uji coba di bawah ini.

-- Universitas Ubaya yang melakukan percobaan penggunaan bawang dayak pada tikus lab guna mencoba untuk
menurunkan kadar glukosa darah tikus yang diinduksi dengan cairan gula agar mirip penderita diabetes mellitus. Ekstrak bawang sabrang yang diberikan selama 3 hari menunjukan penurunan kadar glukosa darah yang signifikan.

-- Penelitian juga diselenggarakan oleh Universitas Mulawarman di Kalimantan menggunakan Tiwai
(Minuman Herbal dari Bawang Dayak) kepada 12 relawan yang berusia antara 40-65 tahun yang kolestrol dalam darahnya diatas
220mg/dL . Konsumsi Tiwai dalam 7 hari menunjukan penurunan 5.33 mg/dL kolestrol dalam darah relawan .

Nah cukup jelas bukan bahwa khasiat bawang dayak bukan hanya sebatas kepercayaan turun temurun, namun juga sudah teruji secara ilmiah.

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan

Secara empiris bawang dayak memang sudah banyak di gunakan sebagian masyarakat indonesia sebagai alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan sampai penyakit yang berat, dan penyakit-penyakit yang bisa diatasi dengan bawang dayak yaitu seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkat gairah seksual dll. 


Cara mengkonsumsi bawang dayak 

Untuk cara mengkonsumsi bawang dayak caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu menyiapkan 2-3 butir Bwang Dayak, cuci bersih di air yang mengalir dan potong kecil-kecil, lalu seduh dengan air panas (220 Ml) 1 Gelas Air Panas. Biarkan sampai dingin dan anda bisa meminunya sehari 2x untuk terapi,  ulangi sampai keluhan anda mereda. Cukup mudah bukan.

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel saya tentang MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya, selamat mencoba semoga bermanfaat dan salam sehat.



DAPATKAN MADU ASLI DENGAN HARGA SANGAT TERJANGKAU
 MADU ASLI MULTIFLORA



0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG DAYAK"

Posting Komentar

wdcfawqafwef