MANFAAT DAN KHASIAT KAYU MANIS

Mengenal kayu manis

oemahherba.blogspot.co.id-- kayu manis atau dalam bagasa latin di sebut Cinnamomum chinese adalah tumbuhan yang sudah digunakan turun temurun dari mulai zaman nenek moyang kita hingga sekarang .
Gambar kayu manis

Kayu manis bisa tumbuh di hampir seluruh wilayah indonesia  karena terbukti kayu manis bisa di jumpai di berbagai wilayah nusantara , berbeda dengan tumbuhan lain kayu manis bukan di manfaatkan daun atau buahnya namun yang biasa di manfaatkan adalah kulit kayunya, kayu manis biasa di gunakan sebagai pelengkap bumbu dapur dan biasanya digunakan sebagai penyedap atau pewangi masakan tapi anda harustahu bahwa manfaat kayu manis bukan hanya sebatas itu, kayu manis juga di gunakan sebagai bahan obat-obatan karena kayu manis di percaya secara empiris dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan penyakit.

Kandungan kayu manis 

Karena kayu manis adalah termasuk tumbuhan yang berkhasiat obat, tentunya tidak lepas dari berbagai zat aktif yang terkandung di dalamnya, lalu apa saja zat-zat yang ada di dalam kayu manis
berikut saya sajikan data lengkapnya. Sampel yang digunakan adalah jenis Cinnamomum burmanni, yakni kayu manis yang banyak dijumpai di Indonesia. Adapun kandungannya sebagai berikut:
Kadar air 7,90 %
Minyak atsiri 2,40 %
Alkohol ekstrak 10 – 12 %
Abu 3,55 %
Serat kasar 20,30 %
Karbohidrat 59,55 %
Lemak 2,20 %

Manfaat kayu manis untuk kesehatan. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa selain sebagai pelengkap bumbu dapur kayu manis juga bisa di manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.
Berikut ini adalah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan.


Kayu manis mengontrol Gula Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis ternyata dapat mengatur kadar gula darah sehingga kayu manis merupakan makanan yang tepat untuk para penderita diabetes dan hypoglycemic.


Kayu manis mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Selama ini, LDL dikenal berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan obesitas. Dengan mengonsumsi kayu manis, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


Kayu manis untuk anti Infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi yang natural. Dalam beberapa penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan beberapa jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Kayu manis meringankan Sakit pada Penderita Rematik

Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

Kayu manis obat Serbaguna

Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Ia memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon – meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Kayu manis obata  Alzheimer

Para peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas juga telah mengembangkan kayu manis sebagai salah satu rempah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Penelitian di tempat yang sama juga menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.

Kayu manis mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

Resep mengolah kayu manis

Setelah anda mengetahui manfaat kayu manis untuk kesehatan saatnya saya akan memberikan tips bagaimana cara mengilah kayu manis, agar menjadi minuman sehat yang bisa anda konsumsi setiap hari.
Pertama siapkan bahan-bahan berikut
-- siapkan 1 liter air
-- 1 batang kayu manis atau lima sendok bubuk kayu manis
-- dan satu sendok madu
Cara membuat:
-- rebus kayu manis dalam satu liter air, rebus dengan api kecil sampai mendidih.
--  Biarkan air mendingin kemudian campurkan madu.
-- Air kayu manis ini bisa dinikmati panas atau dingin sebanyak tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam.

Selain membantu menurunkan berat badan, rebusan kayu manis juga membantu membersihkan saluran usus, menurunkan kadar kolesterol, gula darah, serta mencegah beratbadan naik lagi. Buat penderita mag, wanita hamil dan menyusui dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman ini.

Nah sahabat mudah bukan untuk membuat minuman sehat daru kayu manis, semoga anda tertarik untuk mencobanya .

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel dari saya sampai jumpa di artikel-artikel saya selanjutnya selamat mencoba semoga bermanfaat dan salam sehat.

0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT KAYU MANIS"

Posting Komentar

wdcfawqafwef