MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SIRIH

Sekilas tentang tanaman sirih

Oemahherba.blogspot.com--Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini , yah sirih seperti yang kita tahu bahawa  tanaman sirih atau dalam bahasa latin di sebut Piper betle  ini adalah jenis tanaman yang sangat populer di kalangan masyarakat indonesia, zaman dulu sirih adalah kebutuhan pokok karena nenek moyang kita mempunyai kebiasaan  nyirih atau nginang (jawa)  hal ini adalah ritual wajib hampir bagi setiap orang, mungkin sebagian pembaca belum tahu istilah nginang atau nyirih, nginang adalah memakan daun sirih dikunyah bersama gambir ,pinang , tembakau dan kapur ini adalah hal yang rutin di lakukan oleh orang tua zaman dulu namun baru-baru ini di temukan bahwa mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan . Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi ( periodentitis ) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

Gambar daun sirih

Bukan hanya di indonesia sirih juga tumbuh di India, Malaysia, Sri Lanka, dan Indonesia. Namun juga dapat ditemukan di Afrika dan Madagaskar. Di India daun sirih cukup banyak dimanfaatkan untuk kegiatan dan acara sehari-hari, seperti menyambut tamu, ritual keagamaan, dan sebagai ramuan obat tradisional .

Walaupun selama ini sirih hanya  di gunakan secara turun temurun oleh masyarakat kita , dan resepnya hanya berdasarkan penuturan para pendahulu bukan berarti ketika menggunakan daun sirih sebagai obat  kesembuhan yang di timbulkan karena semata mata sugesti , tapi memang secara ilmiah sirih juga sudah teruji, dan di masukkan kategori tanaman fitofarmaka, yaitu tanaman yang berkhasiat obat secara ilmiah daun sirih diakui mempunyai kemampuan untuk mematikan bakteri, mematikan jamur, dan juga memiliki peranan sebagai antioksidan.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih memang di kenal sebagai tanaman obat yang bisa mengatasi berbagai keluhan, dan di bawah ini saya akan mengulas berbagai manfaat dan khasiat daun sirih, sekaligus cara mengolah daun sirih agar anda mendapatkan manfaat yang optimal dari tanaman ini. 

Manfaat daun sirih untuk mengobati bronchitis

-- Siapkan 10 lembar daun sirih yang hijau tua lalu cuci bersih di air yang mengalir 

-- kemudian rebus dengan 300 ml air sampai air susut menjadi 150ml saja. 

-- minum ramuan sirih tersebut 3 kali sehari secara rutin 2 hari sekali.

Manfaat daun sirih untuk meredakan dan Mengobati batuk

Siapkan 5 lembar daun sirih segar lalu cuci bersih di air yang mengalir

-- kemudian direbus dengan 300 ml air,biarkan sampai mendidih. 

-- dinginkan dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sampai batuk reda.

Manfaat daun sirih untuk mengobati demam berdarah

-- siapkan 5 atau 6 lembar daun sirih segar, lalu cuci bersih di air yang mengalir 

-- kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

--  minum air rebusan sirih secara rutin 2 kali sehari.

Manfaat daun sirih untuk Melancarkan haid

 -- siapkan 3 lembar daun sirih 10 gram mahkota dewa dan 15 gram umbi daun dewa cuci bahan-bahan tersebut di air yang mengalir 

-- kemudian bahan-bahan tersebut direbus bersama-sama dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.

-- minum ramuan ini secara rutin ,ramuan ini sekaligus menghilangkan keluhan sakit pinggang karena haid tidak lancar .

Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan

-- siapkan 10 lembar daun sirih yang hijau tua lalu cuci bersih di air yang mengalir 

-- kemudian rebus dengan 250 ml air biarkan hingga mendidih. 

--Dinginkan ,setelah dingin gnakan untuk mencuci area kewanitaan. terapkan cara ini 1 kali sehari.

Nah sahabat semua itulah beberapa cara mrngolah daun sirih yang bisa saya sampaikan, jika anda mempunyai keluhan-keluhan diatas tidak ada Salahnya anda mencoba membuat ramuan ini .

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel saya kali ini, sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya selamat mencoba semoga bermanfaat dan salam sehat. 


DAPATKAN MADU ASLI DENGAN HARGA 
SANGAT TERJANGKAU
  MADU ASLI MULTIFLORA

0 Response to "MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SIRIH"

Posting Komentar

wdcfawqafwef