DAUN SIRIH MERAH OBAT AMPUH DIABETES

Daun sirih merah gambar

Mengenal daun sirih merah 

Oemahherba.blogspot.co.id- Layaknya tumbuhan sirih biasa tanaman ini juga tumbuh merambat dan mempunyai bentuk daun yang hampir sama dengam sirih hijau ,perbedaanya di warna daun dan batangnya Warna daun bagian atas hijau bercorak warna putih keabu-abuan. Bagian bawah daun berwarna merah hati cerah. Daunnya berlendir, berasa sangat pahit, dan beraroma wangi khas sirih. Batangnya bersulur dan beruas dengan jarak buku 5-10 cm. Di setiap buku tumbuh bakal akar , Tanaman sirih merah atau yang dalam bahasa latin di sebut Piper Ornatum tergolong tumbuhan langka, karena pada dasarnya tumbuhan ini tidak tumbuh di setiap daerah. Sirih merah tidak dapat tumbuh di daerah panas, pengalaman saya pribadi ketika menanam sirih merah karena di daerah tempat saya saat ini berhawa panas, saya menempatkan tanaman ini di luar teras alhasil sirih merah yang saya tanam layu dan hampir mati ,lalu saya memindahkannya di dalam teras yang hanya terkena sinar matahari pagi dalam waktu seminggu sudah terlihat tumbuh subur , akan tetapi jangan lupa lakukan penyiraman waktu pagi dan sore dan siram semua bagian atas sampai bawah tanaman ini agar tetap dingin.

Karena sirih merah biasa tumbuh di daerah yang berhawa dingin maka jika tanaman ini terkena panas matahari secara langsung warna merah daunnya bisa menjadi pudar, buram, dan kurang menarik. Tanaman sirih merah akan tumbuh baik jika mendapatkan 60-70 % cahaya matahari .
Daun sirih merah untuk obat diabetes
Daun sirih merah memang banyak sekali mempunyai khasiat dan manfaat namun untuk pembahasan kali ini saya akan membatasi bahasan daun sirih merah sebagai obat diabetes , diabetes Mellitus (DM) adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh (Wahdah, 2011). Kenapa saya pilih bahasan ini karena memang terkait pengalaman pribadi atau lebih tepatnya pengalaman teman saya, pada tahun 2014 lalu dia mengalami sakit diabetes, entah mendapatkan informasi dari mana dia melakukan terapi herbal ini, terbukti kadar gula 400 mg/dl dalam waktu 1minggu turun menjadi 260 mg/dl terapi herbal ini di lakukan dengan cara cukup menyeduh 7lembar daun sirih merah dengan 3 gelas air panas di lakukan selama 7hari dengan hitungan mundur untuk lebih jelasnya berikut rincian tata cara terapi .

-- hari pertama 
siapkan 7lembar daun sirih merah cuci bersih di air yang mengalir 

-- kemudian daun sirih tadi di seduhdengan 3 gelas air panas lalu tutup rapat-rapat

-- kemudian biarkan hingga dingin, setelah dingin diminum 3x sehari masing-masing satu gelas

Untuk hari berikutnya kurangi dosis menjadi 6 lembar lakukan hal yang sama seperti cara diatas, lakukan hingga 7hari berturut turut dengan rincian 7,6,5,4,3,2 dan hari ke 7 tinggal 1lembar, dan jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter agar kadar gula dalam darah tidak tidak melampaui batas minimal.

Kandungan daun sirih merah

Karena begitu efektifnya daun sirih merah untuk mengobati diabetes, saya jadi penasaran apakah secara ilmiah sudah pernah di lakukan penelitian kandungan senyawa kimia yang ada di dalamnya , dan ternyata memang benar daun sirih merah memang sudah pernah di teliti oleh beberapa peneliti di indonesia .

Dari hasil penelitian dilaporkan dilaporkan bahwa senyawa alkaloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Ramuan daun sirih merah untuk menurunkan kadar glukosa darah dapat dipadukan dengan tanaman obat lain atau bisa digunakan secara tunggal yaitu dengan cara 

--rebus 3 lembar daun sirih merah dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 ½ gelas air. 
--Setelah dingin air hasil rebusan diminum sebanyak tiga kali sehari sebelum makan, 1 kali minum ½ gelas 

(Utami & Puspaningtyas, 2013).

Kenapa kadar gula bisa turun?  Dari hasil penelitian mereka menyimpulkan penurunan kadar gula darah ini terjadi karena daun sirih merah mengandung flavonoid dan alkaloid yang merupakan senyawa aktif yang memiliki aktivitas hipoglikemik. Senyawa tersebut dapat membantu regenerasi sel pancreas dalam menghasilkan insulin.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa mengkonsumsi ramuan daun sirih merah adalah cara yang aman untuk mengatasi penyakit diabetes. 

Baik sahabat oemah herba demikian artikel saya tentang DAUN SIRIHMERAH OBAT AMPUH DIABETES  sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya selamat mencoba, semoga bermanfaat dan salam sehat.

0 Response to "DAUN SIRIH MERAH OBAT AMPUH DIABETES"

Posting Komentar

wdcfawqafwef