MENGENAL SENGGANI BESERTA MANFAATNYA

daun bunga senggani gambar

Mengenal tanaman senggani

Oemahherba.blogspot.co.id - Mendengar nama senggani atau dalam bahasa latin di sebut Melastoma candidum  , mungkin sebagian pembaca sudah tidak asing lagi, apalagi untuk anda pecinta tanaman hias karena di pulau jawa khususnya tanaman ini biasa di tanam di pot atau di halaman rumah sebagai tanaman hias karena memang senggani mempunyai warna bunga yang cantik dan memikat , lain jawa lain Sumatra di pulau andalas keberadaan senggani justru diabaikan bahkan harus di basmi karena dianggap sebagai gulma pengganggu , di daerah sumatra senggani mudah sekali di temukan ladang-ladang sawit dan di tempat-tempat terbuka lainya, karena habitat senggani memang di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung .kendati tanaman ini hanya dianggap sebagai gulma pengganggu ataupun tanaman hias tapi perlu anda tahu behwa senggani mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, berbagai penelitian telah di lakukan untuk mengetahui kandungan kimia yang ada pada tumbuhan senggani dan terbukti tumbuhan ini bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti gangguan pencernaan (dispepsia), hepatitis, keputihan, sariawan, mimisan, wasir berdarah, haid berlebihan, perdarahan rahim di luar waktu haid, bekuan dalam pembuluh darah (thromboangitis), dan memperlancar air susu ibu. Wah tidakdi sangka bukan kalau senggani mempunyai banyak khasiat.

Di indonesia senggani mempunyai banyak nama seperti Harendong (Sunda), kluruk, senggani (Jawa),Senduduk (Sumatera), kemanden (Madura), Yeh mu tan (China) Tumbuhan senggani dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 4 meter dan memiliki banyak cabang. Batang senggani terbilang kecil dengan warna hijau hingga cokelat kemerahan. Tanaman ini bersisik dan berambut bagian pada bagian batang maupun daunnnya ,buah senggani sangat unik karena mempunyai bentuk mirip gelas hias, sedangkan bunga senggani berwarna ungu muda dan sangat cantik.

Kandungan kimia yang ada pada senggani

Setiap tumbuhan yang mempunyai khasiat obat pasti tidak lepas dari kandungan sebyawa aktif yang ada di dalamnya, lalu apa saja senyawa kimia aktif yang ada pada tumbuhan senggani ? ...
di dalam tumbuhan senggani mengandung senyawa saponin, flavonoida, dan tanin.Senggani bersifat analgetik oleh karenanya senggani mempunyai efek farmakologis seperti penghilang rasa sakit, peluruh kemih, mengatasi pembengkakan serta menghentikan pendarahan .

Manfaat senggani bagi kesehatan 

Senggani memang di percaya bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan, namun tentunya anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengolah daun senggani agar mempunyai manfaat maksimal sebagai tanaman obat ,dan berikut ini saya tuliskan beberapa manfaat dan cara mengolah daun senggani .
Gambar batang senggani

Manfaat senggani untuk pendarahan rahim

-Siapkan 15 g biji senggani lalu cuci bersih di air yang mengalir
- Selanjutnya sangrai biji sampai hitam, lalu tumbuk halus.
- Rebus hasil tumbukan dengan 3gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas.
- Lalu dinginkan, setelah dingin saring ramuan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Manfaat senggani untuk keputihan

- Siapakan daun senggani segar sebanyak 2 genggam, jahe, dan bengle masing- masing seukuran ibu jaridicuci bersih di air yang mengalir lalu dipotong-potong seperlunya.

- Masukkan 3 gelas air dan 1 sendok makan cuka, lalu direbus sampai airnya tersisa 2 gelas.
- dinginkan Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Manfaat senggani untuk diare

- siapkan daun senggani muda sebanyak 1 genggam, 5 gr kulit buah manggis, dan 3 lembar daun sembung,

- Lalu rebus semua bahan-bahan segar diatas dengan 1 1/2 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas.
- kemudian dinginkan, setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang, dan sore.

Manfaat senggani untuk disentri

- Siapkan 60 g daun senggani segar dan 60 g aseman segar (Polygonum chinense).
- Rebus kedua bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
- Dinginkan, setelah dingin saring ramuan. Minum ramuan sehari 1 kali.

Manfaat senggani untuk sariawan

Untuk pengobatan sariawan dengan senggani cukup sederhana dan mudah, anda hanya perlu mengkonsumsi buah senggani yang sudah masak Secukupnya.

Dengan tanaman senggani anda bisa melakukan terapi murah bahkan nyaris tanpa biaya, siapa sangka tumbuhan yang selama ini cenderung kita abaikan ternyata mempunyai khasiatobat, apakah anda tertarik untuk mencobanya?.. Semoga apa yang saya tulis bisa menjadi jawaban dan solusi atas permasalahan kesehatan anda .

Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel saya tentang MENGENAL SENGGANI BESERTA MANFAATNYA sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya semoga bermanfaat dan salam sehat.


INGIN MENDAPATKAN MADU ASLI YANG TELAH LOLOS UJI LABORATORIUM DAN BPOM DENGAN HARGA TERJANGKAU ????
<<KLIK DISINI >>
 INSYA ALLAH AMANAH

0 Response to "MENGENAL SENGGANI BESERTA MANFAATNYA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef