KHASIAT DAN MANFAAT KETEPENG KECIL

mengenal ketepeng kecil

Oemahherba.blogspot.co.id- ketepeng kecil atau dalam bahasa latin dibsebut Cassia tora Linn adalah tumbuhan perdu yang tumbuh di tempat tempat terbuka ataupun tempat yang agak teduh ,di daerah tempat saya tinggal tumbuhan ini sangat mudah sekali  di jumpai karena banyak tumbuh di pinggir jalan, dulu saya juga mengira tanaman ini tidak ada manfaatnya sama sekali dan tak lebih hanya semak belukar yang harus di basmi karena merusak pemandangan . tetapi bukankah allah tidak menciptakan sesuatu kecuali ada manfaatnya begitupun dengan ketepeng kecil atau beberapa daerah menyebut Ketepeng sapi, ketepeng cilik (jawa), pepo (Timor) ; Ketepeng lentik (Sunda)  walaupunun tumbuhan ini hidup liar tapi ternyata menyimpan manfaat untuk menghilangkan beberapa keluhan penyakit.

Walaupun belum banyak penelitian tentang tumbuhan ini tapi banyak herbalist yang meresepkan ketepeng kecil untuk pengobatan penyakit tertentu, dan terbukti banyak orang yang tertolong dengan mengkonsumsi herbal dari bahan ketepeng kecil ini dan penyakit yang bisa di atasi dengan ketepeng kecil adalah :

- Radang mata merah, luka kornea (ulcus cornea), rabun senja, glaucoma.

- Tekanan darah tinggi.

- Hepatitis, cirrhosis, ascites (Perut busung air).

- Sembelit atau sulit buang air besar (habitual constipation).

 dan berikut ini cara pemanfaatan ketepeng kecil sebagai obat untuk mengatasi beberapa macam penyakit. 

Ketepeng kecil untuk hepatitis, perut busung air (ascites), dan sirosis

Rebus 5—15 g biji ketepeng kecil, lalu minum dua kali sehari.


Ketepeng kecil untuk radang mata merah, luka kornea, rabun senja, dan glukoma


Campur bubuk atau serbuk ketepeng kecil dengan teh secukupnya, lalu tempelkan pada kedua pelipis (pada kedua titik akupuntur tay yang atau istimewa).

Ketepeng kecil untuk sembelit (habitual constipation)


Rebus 5—15 g biji ketepeng kecil, lalu minum dua kali sehari.

Ketepeng kecil untuk Tekanan darah tinggi

Sangrai (goreng tanpa minyak) 15 g biji ketepeng kecil sampai kuning, lalu giling hingga terasa kesat. Rebus atau seduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Minum hasil rebusan atau seduhan sebagai pengganti teh dua kali sehari.

Nah sahabat  itulah cara mengolah dan meramu ketepeng kecil agar bermanfaat sebagai obat, anda yang mempunyai keluhan penyakit yang sudah saya sebutkan diatas boleh mencoba meggunakan ramuan ini.

Baik sahabat sekian dulu artikel saya kali ini selamat mencoba semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya dan salam sehat.

0 Response to "KHASIAT DAN MANFAAT KETEPENG KECIL"

Posting Komentar

wdcfawqafwef