PENYAKIT BATU GINJAL DAN CIRI-CIRINYA

Gambar sakit batu ginjal

 Apa itu batu ginjal??? 

oemahherba.blogspot.com . Dalam beberapa artikel sebelumnya saya membahas berbagai khasiat tanaman herbal dan agar tidak terkesan monoton untuk kali ini saya mengambil tema yang lain yaitu tentang penyakit batu ginjal dan ciri-cirinya.

Seperti kita tahu bahwa ginjal adalah organ yang bertugas menyaring zat-zat sisa  yang diolah oleh tubuh untuk kemudian di keluarkan menjadi urine, lalu kenapa penyakit batu ginjal bisa terjadi dalam diri manusia ? ..Terkadang karena berbagai hal tidak semua zat sisa bisa terbuang dengan sempurna dari situlah batu ginjal terbentuk dan penyebab pembuangan tidak sempurna bisa di sebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya adalah makanan namun selain faktor makanan ada lagi seperti Kurang minum air putih,riwayat kesehatan keluarga,obesitas,mengonsumsi obat-obatan, (misalnya diuretik, aspirin, antibiotik, antasid, serta beberapa obat antiepilepsi dan antiretroviral),dan efek samping operasi terhadap organ pencernaan .


Jenis-jenis batu ginjal

Berdasarkan pembentukanya batu ginjal di bagi menjadi 4 macam yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian tentang masing-masing jenis dari keempat macam batu ginjal.


Batu kalsium.

Jenis batu ginjal ini merupakan yang paling umum terjadi. Tingginya kadar kalsium bisa diakibatkan karena penyakit keturunan hiperkalsiuria. Kondisi ini menyebabkan penderitanya melepaskan kalsium yang banyak dalam urine. Tingginya kadar kalsium juga bisa disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif. Hormon yang diproduksi kelenjar ini berfungsi mengatur jumlah kalsium di dalam darah.

batu asam urat.

Batu ini terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam urine yang disebabkan oleh makanan berkadar purin tinggi. Contoh makanan yang memicu tingginya asam urat adalah kerang-kerangan, daging dan ikan. Penderita penyakit Gout juga berisiko tinggi membentuk batu jenis ini.

batu struvit.

Ini merupakan jenis batu ginjal yang dapat terbentuk dan membesar secara cepat. Penyebab utama terbentuknya batu struvit adalah infeksi saluran kemih yang telah berlangsung lama. Jenis batu ini lebih sering ditemukan pada pasien wanita dibandingkan pasien laki-laki.

batu sistin.

Batu ginjal ini terbentuk akibat terlalu banyaknya asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal. Batu sistin merupakan jenis batu ginjal yang sangat jarang ditemukan. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit yang dikenal sebagai sistinuria. Penyakit ini mempengaruhi jumlah asam amino sistin yang dikeluarkan dalam urine.
gambar batu ginjal


Ciri-ciri penyakit batu ginjal

Setiap jenis penyakit pasti mempunyai ciri-ciri begitu pula dengan penyakit batu ginjal,  jika mengalami gejala seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini anda harus waspada bisa jadi anda terserang penyakit batu ginjal

Rasa nyeri bagian punggung

Ketika anda terkena penyakit batu ginjal, anda akan merasakan rasa yang sangat nyeri dan menyiksa dibagian punggung tepatnya dibawah pinggul. Tempat ini merupakan tempat ginjal sehingga jika terjadi sesuatu, bagian ini pasti akan terasa sakit dan nyeri.

Penyebaran rasa nyeri

Jika dibiarkan, rasa nyeri dipunggung tadi akan menyebar ketempat lainnya tepatnya dibagian tubuh bawah. Anda akan merasa tubuh anda lemas karena rasa nyeri yang menjalar kemana-mana.

Sakit saat buang air kecil

Ketika buang air kecil, anda akan merasa disaluran kencing terasa sangat nyeri dan menyiksa. Hal ini akan terus terjadi selama anda tidak mengambil tindakan untuk segera berobat dan meminta saran dari dokter.

Warna urin yang abnormal

Jika biasanya urin akan berwarna kuning jernih, urine orang yang menderita batu ginjal tidak sama. Urine mereka akan cenderung berwarna kemerahan yang agak pekat bahkan terkadang warnanya menjadi kecoklatan seperti warna teh.

Mual dan muntah

Ciri yang lain penyakit batu ginjal adalah sering merasa mual dan muntah. Anda merasa tidak enak badan dan sering merasa mual dan muntah. Jika gejala ini diselingi dengan gejala lain seperti yang saya sebutkan diatas, berarti anda perlu mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri.

Demam dan menggigil

Ketika mulai terjadi infeksi, tubuh akan menjadi demam dan menggigil. Suhu badan akan naik serta tubuh penderita akan menggigil.

Nah sahabat oemah herba adakah diantara anda yang mengalami ciri-ciri tersebut diatas, kalau ada segera hubungi dokter atau terapis terdekat agar anda bisa melakukan penanganan dini terhadap penyakit batu ginjal.
Sekian dulu artikel saya untuk kali ini semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk sahabat semua,salam sehat.
INGIN MENDAPATKAN MADU ASLI YANG TELAH LOLOS UJI LABORATORIUM DAN BPOM DENGAN HARGA TERJANGKAU ????
<< KLIK DISINI >>
INSYA ALLAH AMANAH

0 Response to "PENYAKIT BATU GINJAL DAN CIRI-CIRINYA"

Posting Komentar

wdcfawqafwef