KHASIAT MANFAAT BUAH MENGKUDU

Pohon mengkudu gambar

Sekilas tentang buah mengkudu


oemahherba.blogspot.com- buah mengkudu siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, walaupun mempunyai bentuk buah yang kurang menarik namun mengkudu mempunyai banyak sekali khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit  , tidak di pungkiri nenek moyang kita telah mengenal tanaman ini dan menggunakannya sebagai bahan obat, bukan hanya di indonesia di negara-negara lain bahkan bangsa polinesia sudah sejak 1500 SM  lalu sudah mengenal buah ini, buah yang dulu disebut sebagai Noni ini dianggap sebagai buah keramat yang di sakralkan . 

Di indonesia sendiri manfaat buah mengkudu sudah tersohor di seluruh pelosok nusantara, karena memang mengkudu bisa tumbuh di hampir seluruh wilayah indonesia ,penyebutan mengkudu antara satu daerah dan daerah lainya  Juga berbeda seperti keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) selain itu beberapa negara lain mempunyai sebutan untuk tanaman ini seperti noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).  Sedangkan nama latin dari buah mengkudu adalah Morinda Citrifolia  . di balik penampilan dan rasa yang kurang menarik ternyata mengkudu menyimpan khasiat yang menakjubkan tidak heran jika mengkudu tetap menjadi pilihan terapi herbal untuk bebrapa keluhan penyakit ,bahkan akhir-akhir ini popularitas buah mengkudu meningkat terbukti banyak saya jumpai di pasaran mengkudu yang diolah menjadi bubuk mengkudu ataupun yang sudah di kemas rapi menjadi kapsul mengkudu , dan ternyata kapsul mengkudu juga mempunyai nilai ekonomis yang menjanjikan, karena setiap botol kapsul mengkudu mempunyai kisaran harga 80-100 ribu perbotol.


Kandungan buah mengkudu

Di dalam buah mengkudu juga terdapat berbagai senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh kita, tidak heran kalau buah yang satu ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit, lalu Senyawa apa saja yang terdapat dalam buah mengkudu ?
Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
Dan sampai saat ini para ilmuwan terus melakukan penelitian tentang efektifitas buah mengkudu untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
Gambar daun buah mengkudu

Cara mengolah buah mengkudu

Dengan pengolahan yang tepat anda juga akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah mengkudu, berikut ini saya akan paparkan beberapa cara mengolah buah mengkudu agar bisa di manfaatkan sebagai obat.


Buah mengkudu untuk darah tinggi

* . Pertama sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu.
* . Lalu peras buah mengkudu untuk diambil airnya campur dengan satu sendok makan madu
* . Kemudian minum ramuan ini ,buatlah ramuan seperti ini sehari 2 kali pagi dan sore .

Buah mengkudu mengobati Batuk

* . Siapakan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut) lalu cuci bersih di air yang mengalir.
* . Kemudian direbus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas.
* . Dinginkan lalu saring airnya, dan ramuan ini diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Buah mengkudu obat Sakit Kuning

* . Siapkan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu.
* . Kemudian peras buah mengkudu untuk diambil airnya .
* .  Saring airnya, dan campurkan gula batu diminum secara rutin 2 kali sehari pagi fan sore .

Buah mengkudu untuk obat Demam, Masuk angin dan infuenza

* . Siapkan 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur.
* . Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan sisakan tinggal 1 gelas.
* .  dinginkan dan saring lalu minum ramuan ini secara rutin , tiap pagi dan sore.

Bagaimana sahabat apakah anda tertarik untuk mencobanya, ini Bisa menjadi alternatif terapi murah dan mudah bagi anda, Tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan bahkan nyaris Tanpa biaya Sama sekali .
Baik sahabat oemah herba sekian dulu artikel saya kali ini sampai jumpa di artikel-artikel saya selanjutnya selamat mencoba tips-tips diatas semoga bermanfaat dan salam sehat. 

0 Response to "KHASIAT MANFAAT BUAH MENGKUDU"

Posting Komentar

wdcfawqafwef